Workshop Pembuatan Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) SDIT Ar Ruhul Jadid

Jombang-SIT Ar Ruhul Jadid telah melaksanakan kegiatan Workshhop Penulisan Soal AKM untuk guru-guru SDIT Ar Ruhul Jadid pada Sabtu (27/8/2022). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula ARJ. Narasumber dan pendamping workhsop ini adalah Umi Kulsum, S.Pd. Beliau merupakan salah satu pendamping Guru Penggerak tingkat nasional.

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan bagian dari Asesmen Nasional. Asesmen Nasional ini salah satu kebijakan penting yang diambil oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2020 lalu.
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua peserta didik untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Kompetensi yang dinilai mencakup kecakapan berpikir logis-sistematis, kemampuan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari, serta ketrampilan memilah dan mengolah informasi.

AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh peserta didik dengan menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi. AKM juga dimaksudkan untuk mengukur kompetensi yang akan diukur melalui AKM, yaitu literasi dan numerasi.

Tujuan dilaksanakannya workshop ini adalah agar guru mengenal seluk-beluk soal AKM dan mempunyai ketrampilan menyajikan masalah-masalah sesuai standar AKM yang meliputi kompetensi literasi dan kompetensi numerasi.

Setelah mendapatkan materi workshop, guru-guru SDIT Ar Ruhul Jadid mempraktikkan soal-soal AKM secara berkelompok dan mendapatkan tugas mandiri. (Humasy)