Dosen UNHASY Tebuireng Jombang Gelar PkM Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru SDIT Ar Ruhul Jadid

Jombang-Dosen Fakultas Agama Islam, Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY) Tebuireng Jombang melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan judul PkM, “Peningkatan Kompetensi Profesional Guru melalui Mentoring Penulisan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Berbasis Participatory Action Research (PAR) di SDIT Ar Ruhul Jadid Jombang”. Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan ini merupakan salah satu bentuk perwujudan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan setiap dosen baik dosen di lingkungan perguruan tinggi negeri maupun swasta termasuk di UNHASY Tebuireng Jombang.

Ketua Tim pelaksana kegiatan PkM ini adalah Erika Mei Budiarti, M.Pd dan anggota tim PkM yaitu Suwandi, M.Ed. dan Asep Kurniawan, M.Pd.I. Menurut ketua pelaksana Ibu Erika, bahwa kegiatan PkM bertujuan untuk: (1) Memberikan pemahaman, pengetahuan dan pendampingan secara khusus kepada guru-guru di SDIT Ar Ruhul Jadid dalam rangka mengembangkan kompetensi profesional guru di bidang karya tulis ilmiah; (2) Memberikan pemahaman, pengetahuan dan pendampingan secara khusus kepada guru-guru di SDIT Ar Ruhul Jadid agar kreatif, terampil dan mampu berkarya dalam rangka meningkatkan kinerja pada proses pembelajarannya guna menemukan problem solving secara ilmiah melalui karya tulis PTK; dan (3) Melakukan pendampingan secara intensif dan berkelanjutan dalam rangka memacu semangat para guru dalam melahirkan karya tulis PTK sampai dapat dilakukan publikasi artikel di jurnal elektronik (Open Journal System) sehingga para guru tidak asing lagi dengan karya ilmiah dan jurnal elektronik sebagai wadah publikasi.

Menurut salah satu peserta pelatihan, mengatakan bahwa pelatihan ini sangat diperlukan untuk menambah wawasan kebahasan kita sebagai guru dan menambah wawasan kita tentang penulisan karya ilmiah berbasis perbaikan proses pembelajaran di kelas. Selain daripada itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk membangun Personal Branding setiap guru SDIT Ar Ruhul Jadid terutama dalam hal publikasi karya ilmiah.

Menurut Suwandi, M.Ed.Mgt sebagai anggota tim, bahwa pada saat pelatihan dan pendampingan awal dilakukan ternyata masih banyak beberapa guru yang belum pernah membuat laporan, terutama artikel hasil harya PTK. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil Pre-Test yang dilakukan sebelum penyampain materi yang diberikan oleh semua nara sumber.

Tindak lanjut dari kegiatan pelatihan ini menurut ketua pelaksana Ibu Erika, bahwa kegiatan ini akan dilakukan tahap lanjutan yaitu penugasan pada semua peserta pelatihan membuat PTK selama pembelajaran di semester ini. Hasil dari PTK yang sudah dibuat artikel jurnal nantinya akan di publikasikan dengan proses pendampingan yang dilakukan oleh tim PkM. Selain daripada itu, menurut ketua bidang Diklat Ats Tsaqofah dalam sambutannya menyatakan bahwa hasil dari PTK nanti bisa menjadi bahan saat Yayasan mengadakan lomba karya tulis PTK saat memperingati hari guru yang diadakan setiap tahun, salah satunya adalah “CompeTeacher” dalam bidang PTK. (Humasy)